> PEMBANGUNAN KANTOR KECAMATAN MANCAK DIDUGA KUAT MENGABAIKAN KESELAMATAN JIWA SAAT BEKERJA.

PEMBANGUNAN KANTOR KECAMATAN MANCAK DIDUGA KUAT MENGABAIKAN KESELAMATAN JIWA SAAT BEKERJA.

author

Suara peradilan news

Share Post

Kabupaten-Serang, Suaraperadilannews.com -PT, Linggagema Adhi kamas. diduga sejumlah pekerja melalaikan tentang keamanan dan kenyamanan dalam melaksanakan pekerjaan tersebut, yang di laksanakan oleh PT. Linggagema Adhi kamas.


Kantor Kecamatan mancak yang kini sedang di bangunboleh PT. Lingaagema Adhi kamas, sudah mengabaikan keselamatan jiwa pekerja, tidak adaya kemanan Nyang seharusya dipakai oleh pekerja untuk menjaga hal-hal yang tidak di inginkan pekerja juga terlihat tanpa mengunakan perlengkapan pelindung, seperti tali pengaman pinggang (safety belt), Helm, dan lainnya, Hal itu sewaktu-waktu dapat membahayakan keselamatan pekerja, mengingat kondisi pekerja sedang berada dalam ketinggian puluhan meter.


Begitupun para pekerja dibawah yang tidak mengindahkan keselamatannya, terlihat tanpa mengenakan alat pelindung Kepala (Helm_Red)! Padahal, sewaktu waktu dapat mengancam atau menciderai kepala pekerja dari benda benda material bangunan, 



Saat, "Dikonfirmasi, Mandor Proyek yang susah untuk di temui, di lokasi. 'Didin selaku plaksana mengatakan, pihaknya sudah melengkapi alat keselamatan, seperti tali pengaman dan helm dan sepatu, namun sang plaksana berdalih para pekerja tidak patuh alasan, nya.


"Sebenarnya sudah tak lengkapi sabuk kaya gitu yang kerja diatas, tapi pada ga dipakai, ada helm ada rompi pak, sepatu dah dibeliin semua pak tapi pada digeletakin, nanti kalau ditegor baru pada dipake," dalihnya.


Ditanya soal ketegasan pengawas proyek pekerja, disinggung juga tingkat resiko kecelakaan kerja para pekerja, sang plaksana menjawab. 


" Saya kuli ?? pak. bukan kapasitas saya untuk menjelaskan begitu, ada orang proyek ini kan, kalau saya cuma pekerja." ujar Plaksana, 


Sang plaksana Didin pun berusaha menghindar saat ditanya siapa penanggung jawab pengawasan pekerja.


"Langsung saja kekantor pak, jangan saya, saya tidak tahu, jangan hubungi saya pak, langsung saja kekantor, saya tahunya hanya bekerja pak," kuli.? ucap Dia sambil menghindari saat di minta keterangan.



Dalam UU Tentang Keselamatan Kerja, Penerapan keselamatan kesehatan kerja (K3), setiap pengerjaan proyek telah diatur dalam undang-undang Nomor 1 tahun 1970. itu wajib di laksanakan. 



Dilihat berdasarkan papan informasi proyek (PIP) dilokasi bahwa proyek pembangunan Kantor Kecamatan mancak tersebut di kerjakan oleh PT. Linggagema adhi kamas. dan juga diawasi oleh konsultasi pengawas dari CV, ARSILAND, Konsultan. dengan nomor kontrak 641/PK.4442245/SPK/PPK-BPGP/DPKPTB/2021 Dengan nilai kontrak

Rp.3.310.901.000. termasuk PPN bersumber dana dari (APBD) kabupaten serang, dengan masa pengerjaan 150 hari kalender. Yang sangat pantastis, tapi dalam hal ini, pelaksana pekerjaan pembagunan kantor kecamatan mancak tetap melalaikan keselamatan pekerja, seperi keamanan safeti belt dan pelindung helm dan lain lain, tidak ada ketegasan dari pihak yang menjalankan kontrak, yang akan menjdi bersipat krusial menjalankan pekerjan tersebut, (Tim).