> Ribuan Personel Mulai Amankan TPS Pasca Pergeseran Pasukan dari Polres Lebak

Ribuan Personel Mulai Amankan TPS Pasca Pergeseran Pasukan dari Polres Lebak

author

Suara peradilan news

Share Post



LEBAK, Suara Peradilan News.Com - Polres Lebak Polda Banten gelar apel pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan Pilkades serentak Kabupaten Lebak di Alun-alun Rangkasbitung pada Sabtu (23/10).


Apel pergeseran pasukan dipimpin langsung oleh Kapolres Lebak Akbp Teddy Rayendra, adihadiri Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya, Danyon Mandala Yhuda Kolonel Inf Slamet, Dandim 0603/Lebak Letkol Inf. Nur Wahyudi, Danyon Brimob Polda Banten Kompol Julianur Sidik dan beberapa pejabat lainnya.


Apel pasukan ini diikuti 5 pleton personel gabungan dari Sabhara Polda Banten, Brimob baik dari Polda Banten maupun dari Korps Brimob, pers BKO TNI, Satpol PP dan Linmas.


Dalam arahannya, Kapolres Lebak AKBP Teddy Rayendra mengingatkan kepada seluruh personel untuk mematuhi SOP, tidak membawa senjata api dalam pengamanan TPS dan optimal dalam menciptakan Pilkades yang aman, sehat dan kondusif.


"Kepada seluruh personel yang akan bertugas untuk melakukan pengamanan Pilkades, saya tegaskan untuk laksanakan tugas sesuai SOP, tidak membawa senjata api dan menjaga netralitas sehingga Pilkades dapat berjalan aman, sehat dan kondusif," tegasnya.


Terkait pola pengamanannya, Kapolres Lebak mengungkapkan bahwa pihaknya menggunakan Strategi Pengamanan yang over estimate.



“Sesuai hasil mapping, terdapat 45 desa terkualifikasi sangat rawan, 108 desa rawan dan 112 desa kurang rawan, potensi kerawananan yang cukup tinggi perlu diantisipasi supaya tidak ganggu kondusifitas saat ini, termasuk dari potensi munculnya cluster baru Covid-19 dan kontijensi bencana alam,” ucapnya.


Ia juga menyampaikan bahwa penempatan personel yang akan melakukan pengamanan dilakukan dengan membuat 6 zonasi.


“Untuk penempatan zonasi yaitu zona I di Maja, zona II di Muncang, zona III di Leuwidamar, zona IV di Lebakgedong, zona V di bayah, dan Zona VI di banjarsari,” ujarnya.


Selanjutnya, Kapolres Lebak menambahkan bahwa personel untuk pengamanan di 1.655 TPS sebanyak 1.322 personel yang terdiri dari unsur kepolisian dan 3.314 pers Linmas, total personel yang akan melakukan pengamanan pilkades di Lebak sebanyak 4.636 personel.


Kapolres Lebak juga menuturkan bahwa setiap zona ditempatkan 1 pleton Brimob dan 1 pleton Dalmas yang senantiasa mobile di cover area masing-masing dengan keterampilan tangani kontijensi.


“Personel Brimob akan ditempatkan di 6 zonasi, 4 SSK BKO Satbrimob Polda Banten ditempatkan di 6 zonasi, 4 SSK BKO Korps Brimob ditempatkan di Polres Lebak, Cipanas, Warunggunung dan Malingping, juga memiliki keterampilan dalam penanganan situasi kontijensi, 250 Pers BKO Dalmas Polda Banten akan ditempatkan di 10 Polsek, dan 352 pers BKO TNI dari Kodim 0603/Lebak,” tutupnya.



Untuk diketahui, bahwa kegiatan Pilkades serentak yang dilakukan di Kabupaten Lebak pada Minggu (24/10) besok, akan dilaksanakan di 265 Desa dengan jumlah 1.655 TPS. Dan diharapkan Pilkades di Kabupaten Lebak dapat berjalan dengan aman, Sehat dan kondusif. (Bidhumas/Sahran).