> Pelaksanaan Pilkades Desa cisuren kecamatan Bayah , di duga ada kecurangan. PLI KUMHAM Akan kawal masalah ini

Pelaksanaan Pilkades Desa cisuren kecamatan Bayah , di duga ada kecurangan. PLI KUMHAM Akan kawal masalah ini

author

Suara peradilan news

Share Post



Lebak, Suaraperadilannews.com -Di sinyalir kuat, proses pemilihan kepala kepala Desa secara serentak di kabupaten Lebak telah selesai di laksanakan , hari Minggu tanggal 24 Oktober 2021. 


Dalam pelaksanaan pelaksanaan pilikades tentunya sudah sesuai dan melalui tahapan tahapan ,yang telah di atur dengan peraturan daerah kabupaten Lebak no.1 tahun 2015 tentang Desa, ketentuan pasal 56 ayat 3 dimana pemilihan kepala desa di laksanakan melalui tahapan diantaranaya ,persiapan, pencalonan, pemungutan suara dan penetapan .namun ada diantaranya pelaksanaan Pilkades yang di anggap tidak kondusif dan tidak aman, yaitu pelaksanaan Pilkades di Desa cisuren kecamatan Bayah kabupaten Lebak prov .Banten. dari impormasi yang di dapat oleh awak media SPN, news. bahwa Pilkades desa cisuren dengan jumlah DPT 2586 , di duga adanya kecurangan dalam pelaksanaanya sehingga terjadi keributan ,bahkan perhitungan suara pun di tunda, dan untuk menjaga hal hal yang tidak di inginkan , akhirnya perhitungan suara di laksanakan di tingkat kecamatan.


Adapapun pelanggaran yang terjadi diantaranya : di duga ada pemilih yang usianya di bawah umur, adanya pemilih yang menggunakan surat panggilan orang lain / menggunakan hak pilih orang lain sementara yang bersangkutan ada di luar kota. Dan masih ada pelanggaran yang lainya.tentunya dalam hal ini dapat merugikan salah satu pihak. Yaitu pihak yang merasa di rugikan, atau pihak yang kalah Seperti Ahyat calon kepala Desa cisuren akan melakukan somasi dan telah memberikan Kuasanya kepada PLI KUMHAM , dengan no.162/PLI / KUMHAM /X/ 2021.



Untuk menindak lajuti nya sesuai dengan peraturan yang berlaku, sementara itu menurut ketua PLI KUMHAM Bapak Haji sahali Permana, saat di kompirmasi , membenarkan adanya bahwa PLI KUMHAM telah menerima pengaduan dari salah satu calon kepala Desa dan memberikan kuasa untuk menindak lanjuti nya.H.sahali Permana selaku Ketua PLI KUMHAM menambahkan tentunya dalam hal Kasus ini kami sedang mendalami nya. ( Rud/Tim).