> Krisis Air Bersih Berkepanjangan Warga Desa Kertajaya Cibatu meringgis.

Krisis Air Bersih Berkepanjangan Warga Desa Kertajaya Cibatu meringgis.

author

suaraperadilannews.com

Share Post

Garut Suara Peradilan News


Kemarau berkepanjangan yang menyebabkan keringnya sumur sumur warga, sehingga warga harus mengocek uang tiap 2 hari sekali untuk membeli air.

Hal keluhan ini warga desa yang diwakili oleh para ketua Rw nya, kunjungi kantor desa kertajaya kecamatan cibatu kabupaten garut.

Kedatatangan para ketua Rw ini disambut baik oleh kepala desa kertajaya Tantan Asmara di Ruangannya senin 13/09/21.


Dalam keteranganya, perwakilan Rw yang di wakili oleh ketua Rw 06 yang bernama Opah sebagai pembicara, menerangkan bahwa kunjunganya kali ini disamping silaturahmi yang selama ini tersandung Vandemi covid 19 dan masih PPKM, untuk selanjutnya menyampaikan  keluhan  permasalahan krisis air bersih khususnya di Rw 03,04,05,06,08,15. hampir satu tahun kemarau panjang warga kami kelabakan mendapatkan Air bersih, dan disaat ini ketika ekonomi morat marit, warga kamipun mau tidak mau harus membeli air yang cukup lumbayan harganya mencapai 500 ribu per tangki atau kapasitas sepuluh ribu leter.


Menyimak masalah kesenjangan krisis Air warganya, kepala desa kertajaya langsung tanggap dan akan segera menindaklanjuti krisis air bersih ini ke dinas terkait, dan bila mana dipandang perlu akan segera menghadap Bupati garut, karena ini  sipatnya urgent, menyangkut kelangsungan hidup manusia.


Perlu di garis bawahi persoalan krisis air bersih di wilayah desa kertajaya memang bukan hal yang baru, maksudnya di setiap kemarau tiba sumur sumur langsung mengering, apalagi lahan pertanian ( sawah kebun ) sebagai mata pencaharianya luput dari panen yang biasa sawahnya 3 kali panen, sekarang ini warga ( petani ) tidak mempunyai pendapatan dari sawah dan kebunya.

Para ketua Rw berharap Pemkab garut, forkopimcam cibatu mohon segera memberikan bantuan darurat krisis air bersih ini dengan cara  membantu mendatangkan Tangki DAMKAR , Tangki BPBD atau DINSOS agar sementara kebutuhan kami ini bisa tercukupi, sebelum program Air bersih untuk desa kertajaya terelisasi  ( PAMSIMAS ) pungkasnya.

Liputan : ( *** Endang.S*** )