> Terkait Berita Tak Sesuai Dari Media Online Kades Maripari Tunggu Itikad Baik Sang Penulis

Terkait Berita Tak Sesuai Dari Media Online Kades Maripari Tunggu Itikad Baik Sang Penulis

author

suaraperadilannews.com

Share Post
Garut Suara Peradilan News
Berawal dari adanya pemberitaan yang tidak berimbang dari salah satu media online, kepala Desa maripari kecamatan sukawening kabupaten garut, Drs. Maman Herisman, layangkan hak SOMASI terhadap salah satu media online yang telah memuat beritanya tak sesuai dengan fakta. Hal ini di ungkapkan kades ketika di wawancara oleh awak media suara peradilan news 10/08/21 terkait, munculnya berita tentang pengkondisian mengenai penggesekan KKS dalam Realisasi program BPNT, yang di kelola oleh 2 Agen yang ada di wilayah desa maripari. Seperti yang telah anda baca dan simak mengenai Rankaian kata yang tertulis di skrinsot di bawah ini bertulis bahwa kepala desa seolah olah yang mengurus tentang penggesekan KKS untuk Realisasi pencairan KPM terhadap salah satu program bansos kemensos yaitu untuk BANTUAN PANGAN NON TUNAI atau yang sangat dikenal dengan sebutan ( BPNT )
Jadi dengan adanya pemberitaan yang tidak sesuai tersebut, karena saya pun dikonfirmasi melalui sambungan HP untuk pemberitaan tersebut saya mohon itikad baik dari rekan media, segera klarifikasikan kata kata yang tertera di berita situs media anda karena saya tak merasa mengucapkan kata kata itu. Kades yakin dengan kode Etik jurnalis dan mengedepankan UNDANG UNDANG NO 40 TAHUN 1999 tentang PERS, apalagi jurnalis ketika mewawancarai konfirmasi dan investigasi selalu memakai MOTO ; apa yang di lihat, apa yang di dengar dan siapa yang di wawancarainya, jadi sangatlah jelas apalagi seperti rekan media lainya dengan fair ijin REKAM baik video, foto maupun rekam suara. Kini berita tersebut sudah menjadi konsumsi publik, padahal saya tak merasa mengucapkan kata kata tersebut, dan untuk hal hal yang berkaitan dengan Agen atau toko e.waroeng yang ada di desa maripari, kades menjelaskan silahkan saja di kroscek apalagi ada temuan atau ada kejanggalan yang tidak sesuai dengan PEDUM TENTANG BPNT, kan tufoksi saudara sebagai awak media sekaligus sosial kontrol ujar kades.
Penelusuran berikutnya, dilanjutkan kunjungan ke salah satu AGEN yang ada di desa maripari yaitu Agen Agus beralamat di kp.bojong gedang Rw 03 desa maripari kecamatan Sukawening. Dalam keterangannya AGUS sebagai pemilik toko penyedia BPNT di maksud ketika dikonfirmasi mengenai adanya berita yang seolah olah adanya referensi dari kades untuk penggesekan (KKS) para KPM menerangkan bahwa, itu tidak benar mungkin itu hanya MIS COMONIKASI saja, memang ada Rekan media yang biasa berkunjung Sosial kontrol, dan yang kebetulan untuk pembagian BPNT yang sekarang ini, jumlahnya sangat besar karena ada penambahan KPM baru.
Untuk hal ini saya tegaskan pa kades tidak pernah memberikan reperensi, penggesekan KKS KPM BPNT, adapun kaloupun kami melakukan penggesekan itu semata hanya pengecekan, dan itupun disaksikan oleh para KPM, jadi tidak ada yang namanya penyimpanan kartu di AGEN, hal yang sama diterangkan oleh agen / toko bu Ai pungkasnya. (Endang.S/Kaperwil jabar)