> Lestarikan Budaya, Kades Karyasari & MAPPEGAS Gelar Pagelaran Pencak Silat"

Lestarikan Budaya, Kades Karyasari & MAPPEGAS Gelar Pagelaran Pencak Silat"

author

suara peradilan news

Share Post

 

Aksi panggung para peserta


"

Garut,suaraperadilannews.com- dalam  upaya ikut menjaga dan melestarikan Pencak Silat serta memperkuat jalinan kerjasama di bidang pertahanan dan keamanan, Kepala Desa Karyasari Cibalong bekerja sama dengan Paguron Pencak Silat Putra Siliwangi dan LSM MAPPEGAS (Masyarakat Peduli Pesisir Garut Selatan) menyelenggarakan  pagelaran Pencak Silat di Desa Karyasari Cibalong, Garut, Sabtu (21/8/2021).


Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan yang harmonis antara Desa Karyasari dengan seluruh komponen masyarakat di Wilayah Garut Selatan. Selain itu kegiatan ini juga bisa dimanfaatkan sebagai wahana pendidikan dan penanaman jiwa nasionalisme, patriotisme serta rasa cinta terhadap NKRI.



Untuk diketahui bahwa Pencak Silat merupakan olahraga beladiri peninggalan nenek moyang yang mengutamakan olah rasa, hal ini juga diakui oleh UNESCO bahwa Pencak Silat sebagai warisan budaya , penetapan tersebut ditetapkan pada tanggal 12 Desember 2019 di Bogota, Kolombia.


Dalam keteranganya , H. Nana Supriatna S.Pd (Ketua Umum MAPPEGAS) mengungkapkan bahwa tradisi Pencak Silat bukan hanya sekedar beladiri, namun juga menjadi bagian dari jalan hidup bagi para pelakunya, karena Pencak Silat juga mengajarkan manusia untuk dapat menjalin hubungan yang baik dengan Tuhannya, sesama manusia dan lingkungan.


Media berkesempatan wawancara dengan  H. Opik (Ketua Paguron Putra Siliwangi Pusat) ungkapkan harapannya " Semoga kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat, untuk tetap melestarikan seni budaya beladiri Pencak silat di Indonesia pada umumnya, dan di Garut Selatan pada khususnya".



berikutnya Kepala Desa Karyasari, Ueng Kurniawan mengatakan bahwa : "Desa Karyasari sebagai Desa Budaya akan terus berupaya memperkenalkan kembali dan memasyarakatkan seni budaya Sunda buhun, salah satunya pencak silat."


Terpantau oleh media , masyarakat terlihat berbondong-bondong menonton kegiatan tersebut, selain tentunya dihadiri Para Tokoh Masyarakat Kecamatan Cibalong. terlihat hadir pula tokoh-tokoh seni budaya Garut Selatan. meskipun demikian, kehadiran banyak orang dalam kegiatan tersebut, tetap memperhatikan protokol kesehatan.(red)***